KARYA TULIS SEDERHANA SD MI


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS 
PADA KELAS V MELALUI KEGIATAN
KARYA TULIS SEDERHANA

ABSTRAK Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Tulisan merupakan suatu simbol atau lambang bahasa. Aktivitas menulis melibatkan empat unsur yaitu penulis sebagai penyampai pesan, pesan atau isi tulisan, saluran atau media tulisan, dan pembaca sebagai penerima pesan.
Sebagai suatu ketrampilan berbahasa, menulis merupakan kegiatan yang kompleks. Menulis banyak manfaatnya yaitu peningkatan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreatifitas, menumbuhkan keberanian, mendorong kemauan dan kemampuan, mengumpulkan informasi sehingga siswa SD mampu membuat karya tulis sederhana yang berupa sebuah karangan sederhana.

Kata kunci : Kemampuan menulis, karya tulis sederhana, siswa SD kelas V



Latar Belakang Masalah
Menulis sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Laporan, buku harian, jadwal kegiatan, buku, komik, cerita atau dongeng adalah bentuk dan produk bahasa tulis yang akrab dengan kehidupan siswa sekolah dasar.
Tulisan-tulisan itu menyajikan secara runtut dan menarik ide, gagasan dan perasaan penulisnya. Sayang, ketrampilan menulis atau mengarang tidak banyak disukai oleh anak sekolah dasar khususnya kelas V SD.
Seseorang enggan menulis karena tidak tahu untuk apa menulis, merasa tidak berbakat menulis dan tidak tahu bagaimana harus menulis (Graves, 1978). Pengalaman belajar menulis yang dialami siswa disekolah tidak terlepas dari kondisi gurunya sendiri (Smith, 1981). Oleh karena itu seorang guru harus pandai-pandai menciptakan kegiatan pembelajaran mengarang menjadi suatu pembelajaran yang menarik, sehingga anak SD kelas V tertarik untuk membuat karya tulis atau karangan.

Rumusan Masalah
Masalah yang ingin penulis kaji melalui penelitian tindakan kelas ini ialah Sejauh manakah meningkatkan kemampuan menulis pada kelas V melalui kegiatan menulis karya tulis sederhana Pokok permasalahan tersebut lebih lanjut penulis perinci ke dalam pertanyaan penelitian sebagai berikut:
-          Kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
-          Hasil belajar siswa rata-rata di bawah standart ketuntasan belajar.
-          Kurang memahami struktur penulisan yang benar

Tujuan Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini penulis laksanakan bersama guru kelas V Sekolah Dasar dengan tujuan untuk mengidentifikasi:
1.   Aktivitas siswa selama melaksanakan tahap-tahap belajar melalui kegiatan menulis karya tulis sederhana
2.   Kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis pada kelas V SD
 
3.   Masalah    yang    dihadapi    guru    untuk    meningkatkan    kemampuan menulis pada kelas V SD



Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini antara lain:
1.  Menambah wawasan penulis dalam pola pengajaran
2.  Guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran
3. Meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis.
4. Meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai salah satu tolok ukur tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar (KBM) Bidang studi Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan bersama antara guru dan siswanya.


Untuk lengkapnya silahkan download di sini, jangan lupa saran dan kritiknya ditunggu...........
 KARYA TULIS SEDERHANA SD MI

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.