KRITERIA PENILAIAN:
PROSES SISTEMATIS MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN.
Penilaian Berbasis Kompetensi:
Berdasarkan kriteria yang mengacu pada kompetensi, menjawab seberapa baik unjuk kerja siswa
PENILAIAN KELAS:
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.
CIRI PENILAIAN KELAS:
BELAJAR TUNTAS:
Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru
OTENTIK:
- Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
- Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
- Menggunakan berbagai cara dan kriteria
- Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)
- Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
- Ulangan Harian: selesai satu atau beberapa Indikator atau satu Kompetensi Dasar. (Cara: tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
- Ulangan Tengah Semester: selesai beberapa Kompetensi Dasar
- Ulangan Akhir Semester: selesai semua Kompetensi Dasar semester bersangkutan.
- Ulangan Kenaikan Kelas: selesai semua Kompetensi Dasar semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap
BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN:
- Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
- Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri
TEKNIK /CARA PENILAIAN:
UNJUK KERJA (PERFORMANCE) :
PENGAMATAN TERHADAP AKTIVITAS SISWA SEBAGAIMANA TERJADI (UNJUK KERJA, TINGKAH LAKU, INTERAKSI)
PROYEK :
PENILAIAN TERHADAP SUATU TUGAS PENYELIDIKAN YANG HARUS SELESAI DALAM WAKTU TERTENTU
HASIL KERJA (PRODUK):
PENILAIAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PRODUK TEKNOLOGI DAN SENI
TERTULIS:
MEMILIH & MENSUPLAI JAWABAN
PORTOFOLIO :
PENILAIAN YANG SISTEMATIS MELALUI KOLEKSI KARYA (HASIL KERJA) SISWA
SIKAP:
PENILAIAN TERHADAP PERILAKU DAN KEYAKINAN SISWA TERHADAP OBYEK SIKAP
DIRI:
MENILAI DIRI SENDIRI BERKAITAN DENGAN STATUS, PROSES, TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI YANG DIPELAJARINYA
Mungkin demikianlah Bapak/Ibu sedikit uraian tentang Rancangan Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi, jika ada kurang lebihnya Saya mohon maaf. Terima kasih.
Saran dan kritik silahkan tulis pada kotak komentar di bawah.
0 Comments
Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.