Template Classic dan Baru Blogger

Sobat Guru Sukwan, setelah sekian lama saya nggak update postingan. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang template classic dan template baru Blogger.

Sekilas tentang template blog, Template website atau blog adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang anda lihat saat ini, bahwa terlihat tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template.

Di blogger atau blogspot, anda dapat dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

Baik saya mulai dari pengertian tentang template classic dan template baru, template classic menurut yang saya tahu adalah template standart yang telah disediakan oleh Blogger dengan berbagai pilihan seperti dot, minima, dan masih banyak lagi yang lainnya, dan biasanya menjadi template pertama kita saat membuat blog di Blogger.

Sedangkan template baru setahu saya adalah template Blogger yang di buat oleh pihak ketiga dan didesain untuk Blogger. Ada beberapa pilihan diantaranya seperti mudah, perjalanan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Template baru ini ada yang dibuat oleh Sobat-sobat Blogger yang sudah mahir dan bisa dipakai untuk template Blogger kita dengan cara meng uploadnya. Sobat Guru Sukwan bisa mendapatkan template baru seperti itu di o-om.com atau di blog sobat blogger lainnya. Sedangkan untuk template classic juga ada yang bisa sobat download di isnaini.com.

Setahu saya ada beberapa keunggulan dan kekurangan dalam pemakaian template classic maupun template baru.

Keunggulan template classic setahu saya :
  • Kebanyakan mempunyai struktur yang lebih valid jika di check dengan W3 validator.
  • Kebanyakan loadingnya lebih cepat dari pada template baru jika di check dengan Page Speed Online
  • Menurut beberapa pakar SEO template classic lebih mudah di crawl dan diindex (betul apa enggak ???)
Sedangkan kekurangan template classic setahu saya:
  • Tidak ada tool edit tata letak seperti template baru, jadi kita dihadapkan langsung dengan source codenya. Saya sarankan sobat Guru Sukwan paham betul tentang HTML dan CSS jika menggunakan template classic (sok ngerti..)
  • Meta descripsi dan keyword tiap postingan sama (mungkin saya yang belum bisa mengeditnya...)
  • Ada 1 error pada classic.css bawaan template yang tidak bisa kita edit
Sedangkan keunggulan template baru setahu saya:
  • Lebih mudah di edit karena ada tools edit tata letak, jadi kita tinggal geser-geser letak widget kita
  • Kita tidak harus paham betul tentang HTML dan CSS
  • Dengan sedikit editing, maka meta descripsi dan keyword bisa di atur sesuai judul postingan kita
  • Menurut beberapa pakar SEO template baru lebih SEO Friendly
Sedangkan kekurangan template baru setahu saya:
  • Strukturnya kurang valid (ada kok yang valid tapi musti ngrogoh kocek dulu)
  • Loadingnya agak lambat (mungkin terlalu banyak widget kali ya...)
  • Ada 2 error pada script bawaan template baru yang di tanam di bagian paling bawah template tersebut
Mungkin sekedar itu yang saya tahu tentang template classic dan template baru milik Blogger, semoga memberi sedikit pencerahan dan saya mohon maaf jika pengetahuan saya itu salah karena saya juga masih dalam tahap belajar dan bukan seorang pakar SEO, mungkin Sobat Guru Sukwan ada pendapat lain silahkan berkomentar....

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.