SISTEMATIKA PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

SISTEMATIKA PENYUSUNAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



SISTEMATIKA LAPORAN
BAGIAN AWAL:
HALAMAN JUDUL, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR (Tgl. pembuatan), DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN

BAGIAN ISI:
ADA LIMA BAB.

BAGIAN PENUNJANG:
DAFTAR PUSTAKA, DAN LAMPIRAN-LAMPIRAN

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN
BAGIAN ISI:
BAB  I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 
   *)B. Identifikasi masalah               
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Hasil Penelitian
   *)E. Cara pemecahan masalah

BAB  II   KAJIAN PUSTAKA
 (sebagai pendukung dalam pemecahan masalah)
A.  Kajian teori tentang masalah yang dipecahkan
B.  Kajian teori dari tindakan yang akan dilakukan
C. Kerangka berpikir (menghubungkan A dengan B)
D. Hipotesis tindakan (bila perlu)

BAB  III  METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian (obyek, waktu penelitian, sasaran perubahan)
B. Prosedur/ perencanaan penelitian
C. Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian
D. Metode analisis data
E. Langkah penelitian
                 
BAB  IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran lokasi penelitian
B. Sajian data tiap siklus Pengolahan dan analisis data
C. Pembahasan hasil analisis dari semua siklus untuk semua aspek disatukan dalam satu tabel/grafik
PENJELASAN KHUSUS (B):
Kemukakan secara rinci apa tindakan yg dilakukan guru waktu menerapkan model atau metode baru dan hasil refleksi tiap siklus. Ceritakan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya. Hasil perubahan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, misalnya: kondisi kelas, kedisiplinan belajar, semangat belajar, catatan hasil belajar, minat mengikuti pelajaran,  dan hasil belajar.
Siklus ke 2 laporkan secara lengkap seperti pada laporan siklus pertama.

BAB  V  KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan penelitian
B. Saran
               
LAMPIRAN
•    Semua rpp yang dilaksanakan
•    Semua instrumen yg digunakan
•    Contoh hasil kerja siswa dan guru
•    Copy daftar hadir siswa selama pelaksanaan tindakan
•    Foto kegiatan penjelasannya.
•    Ijin pelaksanaan
•    *) surat pernyataan telah diseminarkan  dan lampirannya. (th. 2012)

PROPORSI LAPORAN PENELITIAN 
BAB IV :
       *  Merupakan porsi paling
          banyak
       *  Milik peneliti sendiri
       *  Eksklusif
       *  Yang dibanggakan peneliti

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.