KRITERIA PENILAIAN USULAN PROPOSAL PTK

BAGAIMANA
MENILAI PROPOSAL PENELITIAN DAN
MELAKSANAKAN TINDAKAN KELAS


LANGKAH PERTAMA:
•    Baca baik-baik judul penelitian apakah telah mengandung tiga unsur (what, who, how)
•    Pada bab pendahuluan: telah mengandung setidaknya 4 bagian
•    Bagian pertama telah mengandung latar belakang masalah yang menun jukan adanya akar permasalahan.
•    Adanya data dari kelas yang dapat mendukung permasalahannya
•    Adanya kejelasan tentang jenis metode pembelajaran yg sering digunakan, dan kelemahannya

BAGAIMANA ISI BAGIAN 2:
•    Sebaiknya  kalimat pertanyaan (harus dijawab di kesimpulan)
•    Harus  mendasarkan pada variabel a (v. Masalah) maupun b (v. Tindakan), dan v. Sasaran yang diinginkan.

BAGAIMANA BAGIAN 3 (Tujuan Penelitian):
•    Apakah Sudah Mengikuti Kaidah Dasar Yang Ada Pada Rumusan Masalah Nya (Harus Konsisten Dengan Rumusan Masalah)
 
BAGAIMANA  ISI BAGIAN 4 (Manfaat Penelitian):
•    Untuk siapa manfaat penelitian yang dilakukan guru?
Apakah telah ditujuan setidaknya:
        * siswa/peserta didik
        * guru
        * sekolah (di satuan pendidikan
            penulis)

APA ISI DI BAB II KAJIAN TEORI:
•    Setidaknya ada 3 sub bab yaitu:        
A. Teori yang menguraikan tentang variabel masalahnya,
B. Teori yang menguraikan tentang variabel tindakannya
C. Kerangka berpikir (mengkaitkan variabel  a. Dan var.b Hipotesis (bila diperlukan)

APA YG HARUS DITULIS DI BAB II (KAJIAN TEORI):
•    Coba baca apakah setidaknya telah memuat: teori tentang variabel masalah, tindakan
•    Telah mengkaitkan antara kedua variabel tersebut (kerangka berpikir)

APAKAH DALAM BAB KEDUA INI HARUS ADA HIPOTESISNYA:
•    Tidak selalu diperlu kan adanya hipotesis
•    Namaun hipotesis bermanfaat sebagai pedoman, pegangan dlm penelitian

BAGAIMANA ISI BAB METODE PENELITIAN:
•    Apa yg harus dimuat dibab ini? Ingat baik baik kaidah ptk (ada beberapa bagian)
•    Ingat langkah ptk

APA ISI DALAM BAB III:
Ada 5 bagian:
   a. Setting penelitian
   b. Program kegiatan penelitian
   c. Pengumpulan data
   d. Analisis data
   e. Indikator keberhasilan
   f. Prosedur/langkah pelaksanaan

APA ISI DI BAGIAN SETING:
•    Kejelasan subyek penelitian
•    Kejelasan waktu penelitian
•    Kejelasan sasaran penelitian (yg akan dicapai/ dihapkan keberhasilan penelitiannya.

ISI DI BAGIAN KEDUA:
•    Kejelasan  tentang program yang akan dilakukan (berapa siklus, berapa pertemuan tiap siklus)
•    Kejelasan secara teoritis tentang langkah dalam peneltian tindakan kelas (ptk).

ISI BAGIAN KETIGA:
•    Data apa yang akan dikumpulkan (baca pada rumusan masalahnya)
•    Bagaimana cara pengumpulan data tersebut?
•    Alat apa yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut (ini perlu dijelaskan dalam bagian langkah penelitian)

APA ISI DI BAGIAN ANALISIS:
•    Kejelasan cara menganalisis data hasil pertemuan i (pertama), ii (kedua) dan iii (ketiga), sehingga menjadi kesimpulan siklus.
•    Cara menganalisis  data tentang aktifitas, motivasi, kesdiplinan, dan prestasi belajar.
•    Teknik menganalisis hasil keseluruhan siklus.

ISI SUB BAGIAN INDIKATOR:
•    Kejelasan tentang target yang ingin dicapai pada semua komponen atau aspek penelitian.
•    Bagaimana target untuk aktifitas. Disiplin, prestasi belajar, kemampuan membaca, dstnya. (berikan acuan yang bisa diukur)


BAIMANA ISI SUB BAGIAN AKHIR:
•    Minimal  tahapan siklus pertama harus jelas, rinci.  (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi)
•    Pada siklus kedua langkahnya dapat diprediksi
•    Ingat langkah pada proposal adalah yang akan dilakukan

APA AKIBAT TIDAK ADA PROPOSAL PENELITIAN:
•    Peneliti tidak punya pegangan
•    Penelitian hanya mendasarkan pada ingatan sesaat.
•    Pelaksanaannya banyak kemungkinan mengalami penyimpangan
•    Banyak terjadinya ketidak konsisten pelaksanaan penelitiannya.

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.