PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Oleh : WAWAN SUBAGYO
NIM. 


ABSTRAK : Berdasarkan hasil observasi di SDN Atap I Kec. Langit peneliti menemukan beberapa hal yaitu SDN Atap I memiliki karakteristik siswa dengan kemampuan kognitif menengah ke bawah. Pembelajaran di SDN Atap I secara konvensional dimana guru mengajar dengan ceramah serta pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Penerapan pembelajaran secara ceramah menyebabkan aktifitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dengan dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah SDN Atap I kec. Langit kelas V dengan jumlah siswa perempuan 10 dan siswa laki-laki 9 orang. Instrumen dalam penelitian berupa tes akhir untuk mengetahuiaktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS yaitu prasiklus 61%,   siklus I 69,5% naik 8,5% , siklus II naik 83 % dari jumlah siswa 19 orang. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Selengkapnya ada disini :

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.