RANCANGAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI

Posted by Wawan Subagyo On 3.13.2011 0 komentar

RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPETENSI

KRITERIA PENILAIAN:
PROSES SISTEMATIS  MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN.

Penilaian Berbasis Kompetensi:
Berdasarkan kriteria yang mengacu pada kompetensi, menjawab seberapa baik unjuk kerja siswa

PENILAIAN KELAS:
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

CIRI PENILAIAN KELAS:
BELAJAR TUNTAS:
Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik  tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan  berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru

OTENTIK:

  1. Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
  2. Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
  3. Menggunakan berbagai cara dan kriteria
  4. Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)
BERKESINAMBUNGAN:
  1. Memantau proses, kemajuan, dan   perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
  2. Ulangan Harian: selesai satu atau beberapa Indikator atau satu Kompetensi Dasar. (Cara: tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)  
  3. Ulangan Tengah Semester: selesai beberapa Kompetensi Dasar
  4. Ulangan Akhir Semester: selesai semua Kompetensi Dasar semester bersangkutan.
  5. Ulangan Kenaikan Kelas: selesai semua Kompetensi Dasar semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap

BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN:
  1. Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
  2. Menggunakan   penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri

TEKNIK /CARA PENILAIAN:
UNJUK KERJA (PERFORMANCE) :
PENGAMATAN TERHADAP AKTIVITAS SISWA SEBAGAIMANA TERJADI (UNJUK KERJA, TINGKAH LAKU, INTERAKSI)

PROYEK :
PENILAIAN TERHADAP SUATU TUGAS PENYELIDIKAN YANG HARUS SELESAI DALAM WAKTU TERTENTU

HASIL KERJA (PRODUK):
PENILAIAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PRODUK TEKNOLOGI DAN SENI

TERTULIS:
MEMILIH & MENSUPLAI JAWABAN

PORTOFOLIO :
PENILAIAN YANG  SISTEMATIS MELALUI KOLEKSI KARYA (HASIL KERJA) SISWA

SIKAP:
PENILAIAN TERHADAP PERILAKU DAN KEYAKINAN  SISWA TERHADAP OBYEK SIKAP

DIRI:
MENILAI DIRI SENDIRI BERKAITAN DENGAN STATUS,  PROSES, TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI YANG DIPELAJARINYA

Mungkin demikianlah Bapak/Ibu sedikit uraian tentang Rancangan Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi, jika ada kurang lebihnya Saya mohon maaf. Terima kasih.
Saran dan kritik silahkan tulis pada kotak komentar di bawah.
Semoga artikel RANCANGAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Poskan Komentar

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.

Entri Populer