PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SDMI

 A. LATAR BELAKANG

Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, banyak sekali masalah- masalah yang dihadapi guru maupun siswa. Masalah tersebut antara lain dapat berupa masalah yang berhubungan dengan proses dan hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan harapan guru, juga termasuk hal – hal yang berkaitan dengan cara guru mengajar maupun perilaku siswa.
Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran merupakan tujuan utama program pengajaran. Guru merasa bangga apabila siswanya dapat berhasil dalam pembelajaran. Jika dalam pembelajaran siswa tidak berhasil, guru dituntut untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK.
Seperti yang penulis alami dalam pembelajaran Matematika kelas III tentang “Bangun Datar”. Dari 20 siswa yang nilai tuntas 5 siswa, sedangkan yang tidak tuntas 15 siswa. Atas dasar inilah penulis merefleksi apakah penyebab permasalahan tersebut dan penulis berdiskusi dengan teman sejawat, sehingga penulis merasa perlu untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas. Kegiatan ini dimulai dari pengamatan, refleksi diri, perencanaan perbaikan, sampai melakukan tindakan perbaikan.
Suatu kebanggaan bagi guru apabila siswanya dapat berhasil dalam pembelajaran, hal ini dapat dikatakan bahwa sasaran utama program pengajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran oleh siswa seperti yang tersebut di atas yaitu tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai.
Tujuan perbaikan ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi yang di ajarkan guru sehingga hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.


B. RUMUSAN MASALAH

            Dengan memperhatikan dan bertitik tolak dari latar belakang masasah di atas maka rumusan masalah yang timbul dalam penelitian ini sebagai berikut :
  1. Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bangun Datar dalam hal ini membuat ciri – ciri persegi dan persegi panjang melalui penggunaan alat peraga, variasi metode dan peningkatan pengelolaan kelas?
  1. Bagaimana cara membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika?
  2. Bagaimana cara menciptakan siswa selalu aktif dalam pembelajaran?


C. TUJUAN PENELITIAN

1.      Meningkatkan  pemahaman siswa pada pembelajaran matematika khususnya tentang Bangun Datar.
2.      Meningkatkan minat siswa pada pembelajaran matematika.
3.      Mampu menciptakan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.


D. MANFAAT  PENELITIAN

1.      Bagi guru memperbaikai proses pembelajaran, membantu guru berkembang secara professional, meningkatkan rasa percaya diri guru, dan memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan.
2.      Bagi siswa meningkatkan kemampuan hitung matematika, dan menumbuhkan rasa senang pada setiap proses pembelajaran.
3.      Bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan, untuk memperoleh ketercapaian belajar tuntas, keberhasilan dalam pembelajaran akan meningkatkan nama sekolah, dan sebagai bahan evaluasi untuk kemajuan sekolah.




Selengkapnya silahkan unduh disini
PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SDMI

0 Comments

Silahkan isikan komentar anda, agar saya dapat memperbaiki blog ini, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih atas kunjungannya.